Buah Rambai yang Kunanti

Table of Contents

Buah Rambai yang Kunanti

Buah Rambai yang Kunanti

Buah Rambai (Baccaurea motleyana), mungkin banyak dari anda yang tidak mengetahui buah ini. Buah yang rasanya Manis Keasaman ini berbuah dalam satu tahun sekali dengan bentuk buah mirip seperti buah langsat. Ukuran buah ini berdiameter 2 sampai 5 cm. Kulit buahnya berwarna Kuning atau kecoklatan dengan permukaan seperti kain bludru. Sedangkan pada bagian isinya terdiri dari juring-juring antara 2 sampai 5 buah seperti pada buah langsat, namun yang membedakannya pada buah Rambai daging buahnya lebih lunak.
Pada bagian batang, pohon buah Rambai memiliki tinggi 9-12 meter dengan tajuk pohon yang lebar. Daunnya hijau mengilap di permukaan atas (ventral) dan agak kecoklatan dan sedikit bermiang di sisi bawah. Daun dapat berukuran hingga 33 cm panjang dan 15 cm lebar. Tumbuhan ini berumah dua (dioecious), sehingga dikenal tumbuhan jantan dan tumbuhan betina. Bunganya harum dan bermahkota kuning. Benang sarinya dapat mencapai panjang 15 cm dan putiknya bahkan 75 cm.
Habitan pohon Buah ini biasanya tumbuh liar atau setengah liar di kebun-kebun Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan). Rambai masih berkerabat dekat dengan menteng/kepundung, bahkan sering tertukar antara keduanya. Perbedaannya adalah bahwa bunga dan buah menteng tumbuh di ujung dahan. Selain itu, rambai relatif lebih manis.
Biasanya kemunculan buah Rambai ini merupakan tanda-tanda bahwa musim buah akan segera berakhir. Jadi sebelum musim buah Rambai, ayo buruan puas-puasin makan buah yang mumpung lagi musim, mumpung belum terlambat. tapi bagi saya sendiri ko malah lebih mengharap musim buah segera berakhirya, itu karena saya menantikan musim buah Rambai tersebut. Piece 😉

Baca Juga :