Menhan dan Mendikbud Hadiri Apel Akbar Barisan Patriot Bela Negara

Menhan dan Mendikbud Hadiri Apel Akbar Barisan Patriot Bela Negara

Menhan dan Mendikbud Hadiri Apel Akbar Barisan Patriot Bela Negara

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menghadiri apel akbar Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) di Lapangan Mulyasari Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Minggu (28/2/2016). Keduanya mengapresiasi peran masyarakat dalam gerakan bela negara dan mendorong generasi muda untuk aktif menjadi penggerak gerakan masyarakat tersebut.

Acara apel akbar tersebut diikuti 400 relawan BPBN dari beberapa provinsi serta puluhan anggota Pramuka. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dan Menhan Ryacudu bertindak sebagai inspektur upacara.

Menhan Ryacudu mengajak generasi muda berperan aktif dalam gerakan

bela negara sesuai dengan porsinya masing-masing. “Tantangan ke depan semakin berat. Generasi muda dapat berperan dalam bela negara dengan memerangi narkoba, menolong korban bencana, mewaspadai ancaman radikalisme di sekitar kita,” pesan Menhan kepada peserta apel akbar. Jadi, menurut Menhan bela negara tidak semata-mata berperang mengangkat senjata di medan tempur, tetapi berjuang sesuai peran masing-masing.

Mendikbud dalam kesempatan tersebut mengajak generasi muda mewarisi semangat perjuangan para pendiri Republik Indonesia. Para pendiri republik ini, menurut Anies, memilih berjuang membangun bangsa daripada hidup enak di negeri orang.

Tokoh-tokoh pendiri bangsa tersebut tidak semua berjuang di medan peperangan,

namun ada yang di jalur diplomatik, mendukung perjuangan dengan menyumbang harta benda, dan lain-lain. “Ada juga tokoh-tokoh pendiri bangsa yang berjuang di bidang kesenian, membangkitkan kesadaran masyarakat melawan penjajahan dan mengisi kemerdekaan,” kata Anies.

Jadi, menurut Anies, bela negara tidak semata-mata membela Republik Indonesia dari serangan bangsa asing, namun juga membela cita-cita mulia kemerdekaan Indonesia. Mendikbud berharap generasi muda mengingat kembali cita-cita luhur para pendiri Republik Indonesia ini dan berperan mendukung terwujudnya cita-cita tersebut.

 

Sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/