Perkembangan Teknologi yang Cepat dan Masif Berimbas pada Pendidikan

Perkembangan Teknologi yang Cepat dan Masif Berimbas pada Pendidikan

Perkembangan Teknologi yang Cepat dan Masif Berimbas pada Pendidikan

Sebagai pusat pengembangan pembelajaran digital, Unit Pelaksana Tugas Daerah

(UPTD) Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Tikomdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) berperan penting dalam pemanfaatan teknologi sebagai sumber pembelajaran.

Kepala Seksi Pelayanan dan Promosi UPTD Tikomdik, Abur Mustikawanto mengatakan

, dengan perkembangan teknologi yang cepat dan masif, unsur pertama yang terkena imbasnya adalah pendidikan.

”Oleh sebab itu, kita ingin menggerakkan siswa agar melek teknologi dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Melek teknologi bukan hanya mengembangkan otak kanan (koginitif) saja, tapi juga otak kiri (keterampilan),” ujar Abur di sela-sela Seminar “Rumah Belajar” yang digelar di Aula UPTD Tikomdik, Jalan Dr. Rajiman No. 6, Kota Bandung, Kamis (26/9).
Menurutnya, salah satu inovasi yang dilakukan UPTD Tikomdik, yakni mengembangkan bahan ajar berbasis animasi. Selain mudah dipahami, bahan ajar tersebut mampu mengembangkan kreativitas siswa.

”Misalnya mempelajari fisika melalui animasi, itu lebih ngena. Selain gampang diingat

, juga mampu mengembangkan otak kiri dan kanan siswa,” ujarnya.

Dia menuturkan, pemanfaatan teknologi pada proses pendidikan perlu dikembangkan bersama lembaga lain yang juga fokus di bidang tersebut. Lembaga yang paling utama mewujudkan hal ini adalah Pusat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

”Semuanya berawal dari Pustekkom. Kita bercermin dari mereka dan banyak melakukan kerja sama,” tuturnya.

Beberapa program kerja sama UPTD Tikomdik dan Pustekkom, yakni pelaksanaan Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar), Lomba Koding se-Jabar yang diikuti guru dan siswa serta seminar “Rumah Belajar” yang dilaksanakan serentak hari ini.

Selain dengan Pustekkom, tidak menutup kemungkinan akan dijalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Jabar. Seperti, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

”Yang terdekat mungkin dengan ITB. Karena, Disdik Jabar sudah banyak bekerja sama dengan mereka, seperti pada pelaksanaan UNBK. Itu kan sudah canggih,” tutupnya.

 

Sumber :

https://www.kaskus.co.id/thread/5d93ec140577a91d2f2ed83e/