Seleksi O2S SMA, SMK Tingkat Promal Berakhir

Seleksi O2S SMA, SMK Tingkat Promal Berakhir

Seleksi O2S SMA, SMK Tingkat Promal Berakhir

Seleksi Olimpide Olah Raga Siswa (O2S) tSMA dan SMK tingkat Provinsi Maluku

telah berakhir semalam Rabu (11/6), ditutup Kabid Dikmen Dinas Dikpora Maluku Andre Jamlaay.

Dalam arahannya didepan 100 atlit, para wasit dan pendamping, Jamlaay menyoroti tentang kualitas, dimana para pemenang lomba telah merata dan menyebar di seluruh kabupaten/kota, dan tidak lagi di dominasi oleh satu kabupaten/kota tertentu.

Diakuinya, seleksi O2S ini tidak diikuti oleh 11 kabupaten/kota di Maluku

, karena Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kota Tual berhalangan hadir, namun pembinaan olah raga secara perlahan sudah mulai merata diseluruh kabupaten/kota, sehingga ditahun 2014 ini sudah berupaya dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Kita juga patut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para wasit dan juri karena mereka telah melakukan yang terbaik dalam penilaian sehingga hasilnya obyektif,”ucap Jamlaay.

Dijelaskan , hasil seleksi O2S tingkat Provinsi Maluku yang menjadi juara pertama

, itu yang nantinya akan diberangkatkan untuk mengikuti O2S tingkat Nasional di Jakarta yang dijadwalkan mulai tanggal 15 Juli 2014.

Pesannya kepada para juara, walaupun persiapan untuk lomba tidak cukup waktu namun diharapkan dalam waktu yang singkat ini terus meningkatkan daya tahan fisik dan psikis, karena sangat menentukan sewaktu berlomba.

Dia mencontohkan, cabang Atlit Lari 100 meter, biasanya waktu yang dicapai 11,34 menit namun jika fisik menurun maka akan mencapai waktu sampai dengan 13,40 untuk itu, peserta jangan mengandalkan juara yang dicapai ini, namun lebih dari itu psikologis perlu disiapkan dengan baik untuk mewakili Maluku pada even tingkat nasional.

Mereka yang juara I untuk semua mata lomba tidak kembali lagi ke kabupaten/kota karena mereka dipersiapkan secara baik,”tutur Jamlaay.

Lomba O2S ini terdiri dari 6 cabang Olah Raga yakni Bulutangkis, Tenis Meja, Pencak Silat, Karate, Bola Voly dan Futsal dan pelatih yang dipersiapkan juga berasal dari kontingen yang mendapat banyak juara, misalnya karena cabang Olah Raga Silat yang menjadi juara terbanyak dari SBB, maka pelatihnya harus berangkat,”tandas Jamlaay.(

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/sejarah-soekarno/